APITAN TEGOWANU WETAN, SEDEKAH BUMI TEGOWANU WETAN, WAYANG KULIT TEGOWANU WETAN, SEDEKAH BUMI GROBOGAN, APITAN GROBOGAN, WAYANG KULIT GROBOGAN, MERTI BUMI TEGOWANU WETAN

APITAN SEDEKAH BUMI TEGOWANU WETAN TAHUN 2019

Entertainment Travelling

Apitan sedekah bumi Tegowanu Wetan tahun 2019 (merti bumi). Sebagaimana tahun-tahun yang lalu, setiap tahun sekali diadakan sedekah bumi. Tiap daerah memilki tradisi tersendiri dalam tata cara pelaksanaan sedekah bumi. Begitupun dengan sedekah bumi Tegowanu Wetan.

FILOSOFI SEDEKAH BUMI TEGOWANU WETAN

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famili mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Bagi masyarakat jawa khususnya para kaum petani dan para nelayan, tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya Jawa. Makna sedekah bumi itu sendiri adalah sebagai simbol wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rizqi yang didapatkan dari hasil bumi.

BAGAIMANA PROSES RITUAL SEDEKAH BUMI TEGOWANU

Proses ritual sedekah bumi Tegowanu dengan daerah lain akan berbeda-beda. Selain dari tata cara adat juga dari segi bentuk pelaksanaan sedekah bumi tersebut. Namun, rata-rata sedekahan bumi tahunan di Jawa Tengah berupa tanggapan wayang kulit, terlebih apitan sedekah bumi Tegowanu Wetan.

MANFAAT SEDEKAH BUMI TEGOWANU GROBOGAN

Manfaat apitan sedekah bumi bagi masyarakat Tegowanu Kabupaten Grobogan adalah selain sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa juga sebagai sarana menjaga kelestarian adat istiadat Jawa dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar warga dan masyarakat luas.

APA KEGIATAN YANG MENGAKHIRI RITUAL SEDEKAH BUMI DI TEGOWANU?

Pada tahun 2019 ini, apitan sedekah bumi Tegowanu Wetan akan diakhiri dengan pagelaran wayang kulit. Yang mulanya diawali dengan rangkaian-rangkaian kegiatan yaitu pengajian umum, orkes dangdut, dan wayang kulit.

PENGAJIAN UMUM

Pengajian umum dalam rangka sedekah bumi di Tegowanu akan diadakan pada hari Kamis malam Jumat yaitu tanggal 11 Juli 2019. Sebagaimana kebijakan Lurah Tegowanu (M. Parjono) dan masyarakat untuk mengadakan agenda ini pada malam Jumat adalah mengambil waktu-waktu yang penuh dengan keberkahan. Dengan harapan, setiap langkah pelaksanaan kegiatan yang ada di desa Tegowanu akan selalu mendapat keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa. Pengajian ini bersifat umum dengan pembicara KYAI ALMUSHAWA yang dimulai pukul 20.00 WIB di lingkungan RT 8 atau kediaman Kepada Desa Tegowanu Wetan yakni M. Parjono

ORKES DANGDUT

Serangkaian dengan agenda sedekahan bumi di Tegowanu, setelah diadakannya pengajian akan diadakan orkes dangdut yang dimulai pada pukul 20.00 WIB di lokasi yang sama yaitu di area kediaman Kepala Desa Tegowanu Wetan pada hari Jumat malam Sabtu atau tanggal 12 Juli 2019.

WAYANG KULIT

Wayang kulit. Pagelaran ini lah yang menjadi puncak kegiatan apitan sedekah bumi Tegowanu Wetan Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 Juli 2019 di hari Minggu yang akan dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan judul Puntodewo Wisudo yang didalangi oleh Ki Dalang DWIJO KANGKO.

Facebook Comments

Hits: 94

Leave a Reply