Gebrakan LKP Kawaichi NN Demak dalam Program PKW 2021 Menyongsong UMKM Selangkah Lebih Maju
Gebrakan LKP Kawaichi NN Demak untuk peningkatan daya jual produk tiap alumni PKW 2021 / Foto: Istimewa / LKP Kawaichi NN

Gebrakan LKP Kawaichi NN Demak dalam Program PKW 2021 Menyongsong UMKM Selangkah Lebih Maju

KIPASDUIT.COMGebrakan LKP Kawaichi NN – Apakah Anda termasuk orang yang sedang bingung mencari pekerjaan? Mau usaha tapi tak cukup modal? Cukup modal tapi tak punya keahlian dan pengalaman? Punya usaha tapi bingung harus bagaimana? Tulisan ini cocok bagi Anda yang ingin mengubah nasib lebih baik.

Sebab, pada tulisan ini Anda akan menemukan salah satu jalan lurus menggapai kesuksesan Anda. Jika Anda telah membaca dan menemukan mutiaranya, segeralah ambil tindakan. Jangan khawatir, di sesi akhir tulisan ini, kami akan memberikan ringkasan solusi spesial untuk Anda.

LKP Kawaichi NN adalah salah satu LKP yang cukup banyak dikenal orang. LKP ini berada di Demak Kota Wali. Tepatnya di Desa Kuripan Kecamatan Karangawen, Jawa Tengah.

LKP Kawaichi NN memberikan pendidikan dan pelatihan secara gratis, memberi modal usaha, serta keilmuannya melalui program pemerintah. Selain itu, Anda juga dapat belajar di sana secara mandiri dengan biaya sendiri untuk bidang kompetensi yang Anda ingini.

Lembaga ini berdiri sejak tahun 2003 dan terbilang cukup berpengalaman yang dipimpin oleh Nur Budi Utomo, S.M.. LKP Kawaichi NN bergerak di bidang tata boga berbasis inovasi dan menjahit tingkat dasar hingga mahir.

Perlu Anda ketahui, peran LKP di tengah-tengah masyarakat adalah turut serta dalam membantu pemerintah (mitra) dalam mencerdaskan dan mensejahterakan anak bangsa. Tentu dengan pembekalan ilmu dan keterampilan yang dapat diaplikasikan di mana pun berada.

HOT NEWS:   2 Atlet Panahan Tercantik di Dunia, Indonesia dan Taiwan

Pengertian LKP

Sebagaimana yang dinukil dari buku ‘Modul Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Manajemen LKP’ dengan tema ‘Memahami Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai Satuan Pendidikan’ yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2017, bahwa:

“LKP adalah satuan pendidikan nonformal yang diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.”

LKP adalah mitra pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi, Anda jangan ragu untuk mendekat dan berkonsultasi dengan LKP di manapun berada.

Sekiranya ada peluang pelatihan, Anda dapat mengajukan diri sebagai peserta pelatihan sesuai dengan bakat dan minat Anda. Tentu ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

Secara umum, persyaratan tersebut meliputi salinan KTP, salinan KK, salinan ijazah, dan pas foto. Namun, tiap periode dan tiap LKP memiliki persyaratan yang berbeda, terlebih pada perbedaan kejuruan / bidang kompetensi. Biasanya faktor usia yang menjadi penentu untuk diterima dan tidaknya sebagai peserta pelatihan.

Program Kompetensi LKP Kawaichi NN Demak

LKP Kawaichi NN memiliki dua bidang kompetensi yaitu tata boga dan menjahit. Pada tahun 2021, LKP Kawaichi NN mengadakan pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah dalam program PKW untuk 30 peserta didik selama 39 hari.

Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 3 Agustus hingga 18 September 2021 di Gedung Kantor LKP Kawaichi NN Kuripan, Karangawen.

Sebagai pelaksana pendidikan dan pelatihan, LKP Kawaichi NN memiliki ruang praktek yang dapat menampung sejumlah peserta didik, nyaman, dan bersih.

Selain itu, peralatan dan perlengkapan yang dimiliki cukup lengkap. Mulai dari mixer, blender, oven, dan lain sebagainya.

Program PKW 2021 ini sama halnya dengan program PKW tahun-tahun sebelumnya, yaitu peserta didik diberi modal sebagai rintisan usaha mereka. Tak hanya itu, mereka didampingi dan dimonitor secara berkala selama periode tertentu.

HOT NEWS:   Lomba Kemerdekaan RI 17an Agustus Versi Lawas di Zaman Pandemi Covid-19

Kelebihan LKP Kawaichi NN Demak

LKP sebagai mitra pemerintah dalam mencerdaskan bangsa, LKP Kawaichi NN kerap melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Berdasarkan hasil wawancara KIPASDUIT.COM dengan pimpinan LKP Kawaichi NN bahwa lembaga melakukan evaluasi dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar tiap peserta didik dapat memperoleh bekal yang benar-benar dapat diterapkan di masyarakat.

“Kami (lembaga) sering melakukan evaluasi bersama dengan team agar pendidikan di LKP Kawaichi NN dapat ditingkatkan. Tujuan kami agar peserta didik dapat menerapkan ilmu yang diberikan guna meningkatkan taraf hidupnya masing-masing.” Ujar Nur Budi Utomo di Kantor LKP Kawaichi NN, Senin, 4 Oktober 2021.

Kelebihan utama lembaga ini adalah melakukan inovasi produk yang mudah dipraktekkan, banyak dibutuhkan konsumen, bahan mudah didapat, dan biaya produksi relatif cukup ekonomis untuk menjangkau pangsa pasar.

Gebrakan LKP Kawaichi NN Demak dalam Program PKW 2021 Menyongsong UMKM Selangkah Lebih Maju

Berdasarkan wawancara KIPASDUIT.COM dengan Nur Budi Utomo, S.M., gebrakan yang dilakukan oleh LKP Kawaichi NN di tahun 2021 ini adalah sebagai berikut:

1. Fasilitasi Peserta Didik dan Pelatihan

Peserta didik setelah menyelesaikan pendidikannya di LKP, pihak lembaga menyambungkannya dengan dinas-dinas setempat untuk mendukung usaha alumni PKW 2021. Salah satunya terkait dengan P-IRT oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak pada 22-23 September 2021 lalu.

Oleh lembaga, alumni PKW 2021 didaftarkan ke Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Demak untuk mendapatkan binaan lebih inten.

Selain hal di atas, alumni juga mendapat pelatihan-pelatihan dari Rumah Kreatif BUMN BRI Kabupaten Demak.

2. Fasilitasi Pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha)

Tak hanya pada angkatan PKW 2021 ini saja, tahun-tahun sebelumnya juga telah memberikan fasilitasi ini. Namun, pada tahun 2020 difasilitasi pembuatan NIB atas nama kelompok.

Berbeda dengan angkatan tahun 2021 ini. Alumni PKW 2021, masing-masing dibina dan didampingi untuk mendapatkan NIB untuk usaha mereka.

Setelah kurang lebih 15 hari setelah pembelajaran, sudah 17 peserta didik mendapatkan NIB dan 13 lainnya sudah mendapatkan sertifikat Penyuluhan Ketahanan Pangan (PKP) dari Dinas Kesehatan.

3. Fasilitasi Pembuatan Google Maps dan My Business

Selain dilengkapi dengan NIB, tiap alumni PKW 2021 dibuatkan akun Google Maps yang kemudian dioptimasi via Google My Business guna menunjang pemasaran digital mereka.

Terhitung Senin, 4 Oktober 2021 sejumlah 30 alumni PKW 2021 sebanyak 26 peserta sudah berhasil menayangkan Google My Business lengkap dengan peta dan produk-produknya.

4. Fasilitasi Marketplace

LKP Kawaichi NN bekerjasama dengan marketplace lokal. Hal ini bertujuan untuk membantu pemasaran secara digital agar penjualan dan brand usaha tiap alumni dikenal masyarakat luas. Pada fasilitasi ini, masih pada tahap pengenalan dan akan terus dilakukan hingga masing-masing alumni dapat mengoperasikannya.

Lembaga bekerjasama dengan marketplace lokal guna pemberdayaan lokal agar dapat bersama-sama maju dalam mengembangkan kearifan lokal.

HOT NEWS:   Cara Gratis Meningkatkan Pendapatan Melalui Google Bisnisku untuk UMKM

Sebagai apresiasi terhadap para alumni PKW 2021, lembaga memberikan dorongan berupa hadiah dalam wujud alat-alat penunjang produksi, di antaranya: kompor, oven, mixer, blender, hand sealer, dll untuk 10 besar.

Penentuan ini berdasarkan pada keaktifan promosi melalui akun-akun media sosial tiap alumni, di antaranya: Facebook, Twitter, Instagram, dan Google My Business. Selain dari keaktifan juga dinilai dari banyaknya media sosial yang digunakan untuk pemasaran dan nilai omzet yang diperoleh dalam kurun waktu 1 bulan. Berlaku untuk 3 bulan selama pendampingan.

Pengumuman dan pemberian hadiah akan diberikan tiap akhir bulan di LKP Kawaichi NN dengan maksud dan tujuan evaluasi dan mentoring dalam pengembangan rintisan usaha. Bagi pemenang yang tidak hadir, maka hadiah akan diberikan kepada yang lain.

Kehadiran dalam evaluasi dan mentoring menjadi salah satu acuan kredibilitas alumni dalam pengembangan rintisan usaha.

Ringkasan dan Solusi dari Kutipan Gebrakan LKP Kawaichi NN

Jika Anda termasuk orang yang sedang bingung mencari pekerjaan, mau usaha tapi tak cukup modal, cukup modal tapi tak punya keahlian dan pengalaman, punya usaha tapi bingung harus bagaimana, maka  cara Anda mengubah nasib ke arah yang lebih baik adalah:

  1. Menambah wawasan dan keilmuan, gratis maupun berbayar. Di LKP tidak hanya diajarkan bagaimana menghasilkan produk dan memasarkannya terlebih manajemen, tapi juga diajarkan soft skill penunjang kesuksesan
  2. Menambah relasi bisnis, satidaknya satu profesi yang sama agar dapat berkonsultasi panjang lebar. Bergabung dengan LKP merupakan salah satu wadah untuk menambah relasi bisnis
  3. Buatlah peta bisnis untuk usaha Anda melalui Google Maps dan My Business. Ini dapat Anda ciptakan secara gratis untuk memasarkan produk Anda
  4. Lengkapi usaha Anda dengan perizinan, setidaknya berupa NIB. NIB dapat Anda peroleh secara gratis melalui link https://oss.go.id/
  5. Lengkapi produk Anda dengan P-IRT dan sertifikat halal jika memungkinkan agar dapat menembus pasaran swalayan dan supermarket
  6. Jual produk Anda ke marketplace lokal, nasional, dan bahkan internasional karena dengan wadah ini Anda dapat menjangkau konsumen Anda lebih jauh
HOT NEWS:   Resep Keju Prochiz Choco Cheese Lava Cake Si Kue Leleh yang Laris di Cafe

Dengan demikian, pelaku UMKM dapat selangkah lebih maju dalam mencapai target penjualannya. Meski tak mudah, harus diusahakan hingga sukses.

Demikianlah ‘Gebrakan LKP Kawaichi NN Demak dalam Program PKW 2021 Menyongsong UMKM Selangkah Lebih Maju’ yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga orang terdekat Anda.***

Facebook Comments