anjuran memakai masker 10 - 12 April 2020

KipasDuit.Com. Lagi-lagi pesan berita berantai dari sebuah group whatsapp membuat geger. Kali ini, pesan tersebut sangat membuat sebagian besar penduduk Indonesia semakin cemas dan panik. Entah dari mana sumber asal pesan tersebut. Dan kita dianjurkan memakai masker 10 – 12 April 2020. Kenapa?

Berikut cuplikan dari pesan berantai sebuah group whatsapp:

 

Kenapa kita dianjurkan untuk memakai masker di tgl 10 – 12 April 2020,,?

URGENT

Sebagai informasi ;
Usahakan 3 hari kedepan seluruh anggota keluarga masing2 dirumah,tidak keluar rumah,walau hanya untuk berjemur kalau tdk sgt terpaksa
Karena dalam 3 hari kedepan arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian

Tolong Informasikan kepada,sanak keluarga dan teman2 yg kita cintai,karena
mencegah lebih baik daripada mengobati

Terimakasih

 

Di tengah-tengah wabah corona atau covid-19 di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, ada seseorang atau pun oknum tak bertanggung jawab telah membuat isu dengan mengatasnamakan hal yang sangat urgent. Isu tersebut berupa pesan, yang mana isi dari pesan tersebut adalah anjuran memakai masker khusus pada tanggal 10 – 12 April 2020 dan terdapat larangan untuk keluar rumah kecuali hal yang sangat terpaksa atau sangat diperlukan.

Pemerintah memang menganjurkan agar setiap warga antisipasi adanya wabah coronavirus dengan cara memakai masker guna meminimalisir penularan virus corona. Namun, terkait dengan adanya berita agar supaya memakai masker khusus di tanggal 10 – 12 April 2020 dan menutup rapat pintu rumah serta larangan keluar rumah yang dikarenakan akan ada arus angin dari utara ke arah selatan yang katanya membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australia adalah merupakan informasi berita yang tidak jelas. Artinya, berita tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan atas kebenarannya. Karena tidak ada berita atau pun sumber data terpercaya yang dapat dijadikan rujukan.

HOT NEWS:   Makna Halodoc Konsultasi Dokter Bagi Kaum Awam

Jadi, bagi warga Indonesia yang telah mendapati pesan group whatsapp agar memakai masker di tanggal 10 – 12 April 2020 jangan merasa takut atau pun panik. Selagi belum ada sumber data valid ataupun pengumuman dari pemerintah maka bisa jadi berita tersebut adalah hoax / berita palsu.

Jika toh itu adalah hal benar, pasti sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat ataupun daerah agar masyarakat waspada dan menaati kebijakan tersebut. Faktanya, sampai pada tanggal 10 April 2020 pukul 01.30 WIB saat tulisan ini dibuat, belum ada berita televisi nasional dan swasta yang menyatakan adanya himbauan memakai masker khusus pada 10 – 12 April 2020.

Berhati-hatilah dalam bersosial media. Karena, terkadang orang membuat sebuah ungkapan / berita mempunyai maksud baik namun dilakukan dengan cara salah. Yang mana, cara tersebut menjadi dampak negatif bagi para pembacanya. Misalnya pada kasus ini. Mungkin bagi si pembuat isu bertujuan agar masyarakat taat dan patuh pada aturan dalam memakai masker saat bepergian atau keluar rumah. Karena baginya, orang-orang disekitarnya dan orang-orang di belahan bumi mana pun dinilainya tidak taat yang ujung-ujungnya menambah korban positif corona. Namun, sisi lain dari dampak negatifnya adalah masyarakat umum dan khususnya masyarakat awam akan merasa cemas, khawatir, dan takut. Justru ini yang berbahaya karena akan mempengaruhi mental seseorang.

Kekuatan mental seseorang sangat mempengaruhi kualitas imun seseorang. Sebagaimana yang dilansir dalam detik[dot]com bahwasanya rasa panik berlebih dapat menurunkan sistem imun. Sedangkan untuk melawan coronavirus dibutuhkan kekebalan tubuh yang mencukupi.

Jadi, bagi Anda yang suka bermain group whatsapp, diwajibkan berhati-hati dalam menyikapi informasi-informasi yang ada di dalamnya, khususnya ketika seorang member group share tentang suatu berita. Tanyakanlah apakah dari sumber terpercaya? Atau sebatas opini diri pribadi?

HOT NEWS:   Bagaimana Cara Tanya Dokter Asli Via Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ?

Demikianlah paparan yang dapat kami sampaikan terkait dengan berita berantai dari group whatsapp tentang anjuran memakai masker dan berdiam diri di dalam rumah selama 3 hari yang dimulai tanggal 10 – 12 April 2020 tersebut.

Jangan lupa share tulisan ini agar orang yang Anda sayangi tidak merasa dirugikan, dan tetap tenang bahagia menjalani hari-hari indahnya.

Facebook Comments

Written by

Ediwasa

Saya Edi. Pemilik sah situs ini. Selain sebagai pemilik situs juga berperan sebagai administrator pada situs ini. Banyak kegemaran saya. Salah satunya adalah dunia web / blog. Bahkan saya juga menerima jasa pembuatan web / blog dan toko online.