Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Agar Sendi Tidak Nyeri
Asam urat yang telah mengkristal dan mengikis persendian / Foto: Freepik/brgfx

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Agar Sendi Tidak Nyeri

KIPASDUIT.COM – Asam urat atau C5H4N4Oadalah zat yang tersusun atas beberapa komponen dalam tubuh. Komponen tersebut adalah karbon, hidrogen, nitrogen, dan oksigen. Banyak orang mengeluh karena asam urat. Sebab itu, simak minuman dan makanan yang harus dihindari penderita asam urat di bawah ini.

Dilansir dari Wikipedia, “Asam urat adalah senyawa turunan purin dengan rumus C5H4N4Odan rasio plasma antara 3,6 mg/dL.”

Namun, sebelum masuk pada permasalahan inti, perlu diketahui fungsi asam urat agar tidak terlalu berburuk sangka pada asam urat yeng menyebabkan badan terasa nyeri, terlebih area persendian.

HOT NEWS:   Olahraga Ibu Hamil Trimester Awal, Trimester 2, dan Trimester 3 Agar Bumil dan Janin Sehat Selalu

Fungsi Asam Urat dalam Tubuh

Secara umum pada kalangan awam, mendengar kata asam urat sudahlah pasti itu penyakit yang tidak mengenakan bagi badan. Padahal, asam urat sendiri memiliki peran istimewa dalam tubuh yaitu sebagai antioksidan serta bermanfaat dalam regenerasi sel.

Dikutip dari Pustaka Poltekkes Denpasar yang juga merupakan cuplikan dari Noviyanti, 2015,”Asam urat sebenarnya memiliki fungsi dalam tubuh yaitu sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam regenerasi sel. Metabolisme tubuh secara alami menghasilkan asam urat. Asam urat menjadi masalah ketika kadar di dalam tubuh melewati batas normal.”

Meskipun asam urat bermanfaat bagi tubuh, namun jika jumlahnya berlebihan akan menjadi masalah bagi kesehatan. Berikut ciri-ciri terkena asam urat.

4 Gejala atau Ciri-ciri Terkena Asam Urat

Disadur dari Anlene, berikut gejala atau ciri-ciri seseorang terkena asam urat agar dipahami dengan tujuan dapat segera di atasi:

HOT NEWS:   Obat Impotensi dan Obat Penyebab Impotensi, Termasuk Obat Darah Tinggi

1. Terdapat benjolan atau pembengkakan di area sendi

Asam urat yang tinggi dapat menyebabkan pengkristalan di area persendian. Kristal tersebut dapat merusak atau mengikis tempat cairan pelumas sendi. Tak jarang pula area tersebut terbentuk benjolan yang tidak sewajarnya.

2. Panas dipersendian

Kadar asam urat yang tinggi dapat memicu peradangan dan menimbulkan rasa panas di area sendi.

Rasa panas tersebut disebabkan oleh reaksi sistem imun pada saat proses inflamasi/peradangan terjadi yang kemudian sistem imun melepas peptida, yaitu protein kecil di jaringan lunak yang terdapat pada area sendi.

3. Umumnya terdapat rasa tak nyaman pada area sendi

Dikutip dari Anlene, “Tidak semua penyakit asam urat selalu disertai rasa nyeri. Di tahap-tahap awal, penyakit ini justru jarang menunjukkan gejala. Penderitanya akan merasa bahwa semuanya baik-baik saja. Meski demikian, pengkristalan tetap terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi.”

Pengkristalan inilah yang menyebabkan area sendi terasa nyeri dan tidak nyaman bagi penderitanya.

4. Kemerahan pada kulit area persendian

Ginjal berperan dalam menjaga keseimbangan asam urat dalam tubuh. Melalui air seni/kencing asam urat dikeluarkan agar tetap seimbang.

Akan tetapi, jika kadarnya terlalu tinggi maka ginjal tak mudah dalam memprosesnya sehingga terjadi penumpukan dan mengkristal.

Kristal akibat asam urat dapat memicu peradangan dan pembengkakan serta menjadikan area tersebut nampak kemerahan. Kondisi tersebut akibat meningkatnya aliran darah di area tersebut yang diistilahkan dengan vasodilatasi.

Penyebab Seseorang Menderita Penyakit Asam Urat

Salah satu penyebab asam urat adalah pola hidup yang tak sehat. Oleh sebab itu, olahraga dan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna sangat dianjurkan.

Meski demikian, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari agar terhindar dari asam urat, atau bahkan memperparah kondisi penderita asam urat.

HOT NEWS:   2 Atlet Panahan Tercantik di Dunia, Indonesia dan Taiwan

4 Jenis Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Berikut saduran dari Halodoc yang dapat kami simpulkan:

1. Jeroan ternak

Jeroan seperti hati dan ginjal ternak memang enak dimakan. Akan tetapi, ketika mengidap asam urat mengkonsumsi makanan tersebut akan memperparah keadaan. Sebab, bahan makanan ini banyak mengandung purin.

2. Makanan ringan

Disadur dari halodoc, “Makanan olahan, seperti keripik, makanan ringan, makanan beku harus dihindari jika kamu mengidap asam urat. Makanan yang disebutkan tadi termasuk jenis makanan tidak sehat dan dapat memperburuk masalah asam urat di persendian.”

3. Seafood 

Makanan seafood yang tergolong memiliki kadar purin penyebab asam urat adalah sarden, kerang, tuna, teri, dan udang.

4. Minuman beralkohol dan tinggi fruktosa

Minuman berfruktosa/gula dan beralkohol juga dapat memicu asam urat, termasuk minuman bersoda. Sebab, minuman berfruktosa tinggi dapat meningkatkan pembentukan asam urat dan memperparah penderitanya.

7 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Disadur dari Alodokter, makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah sebagai berikut:

1. Ubi jalar

2. Terong dan tomat

3. Jamur

4. Kacang-kacangan

5. Brokoli

6. Bayam

7. Kentang

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait dengan tema Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Agar Sendi Tidak Nyeri. Semoga sehat selalu dan bermanfaat.***

Facebook Comments