Penyebab Impotensi pada Lelaki, 2 di Antaranya Darah Tinggi dan Obesitas
Ilustrasi impotensi pria / Foto: Pixabay/tumisu

Penyebab Impotensi pada Lelaki, 2 di Antaranya Darah Tinggi dan Obesitas

KIPASDUIT.COM – Kelanggengan sebuah rumah tangga tak luput dari faktor nafkah lahir dan batin. Kebutuhan batin menjadi salah satu kunci kebahagian. Oleh sebab itu, penyebab impotensi ini wajib Anda tau dan tanggulangi sedini mungkin.

Impotensi adalah suatu kondisi penis seorang lelaki tidak dapat ereksi / disfungsi ereksi. Umumnya impoten dialami oleh bertambahnya usia lanjut, akan tetapi tak selamanya demikian karena usia muda pun dapat impotensi dini.

Dikutip dari Sexual Medicine Reviews “Erectile dysfunction (ED) is an important health concern that can significantly affect a man’s psychosocial well-being. ED has traditionally been considered a disease of old age; however, contemporary evidence suggests a growing incidence of ED in men younger than 40 years.”

Disfungsi ereksi adalah masalah kesehatan penting yang dapat mempengaruhi psikososial seorang pria secara signifikan. Impotensi dianggap sebagai penyakit tua.

Namun, dari studi tersebut dinyatakan bahwa jumlah penderita impotensi usia muda di bawah 40 tahun mengalami peningkatan.

DAFTAR ISI

A. Penyebab Impotensi Secara Fisik

Salah satu penyebab impotensi secara fisik adalah cedera. Cedera yang dimaksud adalah cedera area penis. Baik pada pembuluh darah maupun saraf-saraf penis.

Selain hal itu, cedera pada area panggul juga dapat picu impotensi pada seorang pria. Oleh sebab itu, segera periksakan diri jika alami cedera agar lekas mendapat pertolongan intensif dari ahli.

B. Penyebab Impotensi Secara Non Fisik

1. Masalah Psikologi

Dikutip dari Halodoc “Otak memainkan peranan penting dalam memicu ereksi. Ereksi terjadi ketika gairah seksual mulai timbul saat mendapatkan rangsangan. Namun, proses ini bisa terganggu bila ada masalah psikologis tertentu, seperti stres, depresi, kecemasan, ataupun masalah dengan pasangan.”

2. Faktor Penyakit

Berdasarkan informasi dari Halodoc, faktor penyakit yang dapat mempengaruhi disfungsi ereksi ataupun impotensi pada seorang laki-laki adalah di antaranya penyakit jantung, stroke, diabetes, darah tinggi, obesitas, gagal ginjal, alzheimer, parkinson, dan faktor hormon tertentu.

HOT NEWS:   PEMDES Tegowanu Wetan Dirikan Posko Tanggap Corona

3. Efek Samping Operasi

Impotensi yang dialami oleh seseorang bisa juga disebabkan oleh adanya operasi. Tidak semua operasi akan berdampak pada disfungsi ereksi.

Operasi yang memiliki dampak impoten adalah operasi otak dan tulang belakang. Sebab pada bagian tersebut terdapat saraf yang berfungsi untuk mengatur proses ereksi.

Disadur dari Halodoc bahwa operasi yang dilakukan di area panggul dan atau tulang belakang dapat merusak saraf dan pembuluh darah di sekitar penis sehingga menyebabkan gangguan ereksi.

4. Konsumsi Obat-Obatan

Obat-obatan yang langsung ataupun tak langsung mungkin dapat menimbulkan disfungsi ereksi pada kelamin pria adalah antidepresan, antipsikotik, penurun hipertensi, penurun kolesterol, dan termasuk juga obat yang mengandung kokain / ganja.

C. Cara Mengatasi Penyebab Impotensi

Impotensi dapat di atasi dan tentunya sesuai dengan gejala yang diderita. Faktor perbedaan penyebab impotensi maka berbeda pula cara penanganannya.

HOT NEWS:   |UP TO DATE| INILAH KISARAN HARGA KEJU PROCHIZ GOLD DAN MANFAATNYA

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pasangan

Sebagaimana yang disadur dari SehatQ bahwa menjalin hubungan baik dengan istri dapat mengurangi depresi dalam diri. Sebab, depresi itu sendiri dapat memperparah impotensi pada seorang suami.

2. Menjaga Pola Hidup yang Sehat

Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi juga dapat membantu menjaga stamina seksual.

Jadi tak heran, ketika seorang laki-laki memakan daging kambing muda tingkat lipidonya meningkat. Artinya, dari mengkonsumsi makanan sehat dapat mempengaruhi kualitas ereksi yang dipengaruhi oleh hormon seksual seorang lelaki.

3. Pengobatan dan Terapi Hingga Operasi

Sesuai dengan penyebabnya, maka penanganan impotensi juga berbeda-beda. Mulai dari penggunaan obat, terapi, bahkan operasi.

Apapun yang terjadi pada kondisi diri Anda masing-masing, tetaplah percaya diri ketika menjalani hubungan dengan istri Anda. Dengan demikian, masalah impotensi dapat berkurang dan perlahan teratasi. Karena sebagaimana ulasan di atas salah satu penyebab impotensi adalah faktor psikologi.***

 

 

Facebook Comments