4 Cara Memilih Wanita yang Baik untuk Dinikahi Menurut Islam Ajaran Rasulullah SAW
Ilustrasi wanita sholehah / Foto: Pixabay/Endho

4 Cara Memilih Wanita yang Baik untuk Dinikahi Menurut Islam Ajaran Rasulullah SAW

KIPASDUIT.COM – Menjalin sebuah hubungan serius antara wanita dan pria terbilang gampang-gampang susah. Oleh sebab itu, perlu diketahui cara memilih wanita yang baik untuk dinikahi menurut Islam sebagaimana tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Pertalian antara dua insan yang saling mencintai, terkadang sebatas cinta buta, bahkan cinta monyet. Segala apa yang dilihatnya, semua dinilai baik oleh pasangan.

Ini bahaya yang terjadi dalam menjalani kisah percintaan, khususnya anak muda. Bagaimana tidak, saking cintanya, apa yang dilakukan oleh pasangan dibenarkannya meskipun itu jelas salah. Dunia seakan milik berdua, indah-indah saja.

HOT NEWS:   2 Atlet Panahan Tercantik di Dunia, Indonesia dan Taiwan

Menurut Islam, dalam memilih wanita yang baik untuk dinikahi terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Berikut tuntunan Rasulullah SAW dalam hal memilih wanita yang baik untuk dijadikan seorang istri.

10 Kriteria Wanita Baik pada Umumnya

  1. Mudah bergaul
  2. Ramah dan banyak senyum
  3. Taat beragama
  4. Taat pada orang tua
  5. Taat dengan aturan yang ada
  6. Komitmen dengan keputusan
  7. Pemaaf
  8. Tidak mudah terbawa emosi
  9. Menjaga sopan santun dan tutur kata
  10. Menjaga penampilan diri

4 Cara Memilih Wanita yang Baik untuk Dinikahi Menurut Islam Ajaran Rasulullah SAW

Berdasarkan hadits Rasulullah SAW,

: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لاِرْبَعٍ: لِمَالِهَا، وَلِحَسَبِهَا، وَجَمَالِهَا، وَلِدِينِهَا. فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi SAW bersabda: Wanita itu dinikahi karena 4 perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.”

HOT NEWS:   Kim Beom Soo Pendiri KakaoTalk Kekayaannya Melebihi Lee Jae Yong Wakil Ketua Samsung

1. Wanita dinikahi karena hartanya

Dunia ini memang dihiasi dengan gemerlapan harta benda agar dapat digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan hidup. Akan tetapi, pernikahan adalah ikatan suci dalam agama dan hukum perundangan. Oleh sebab itu, jangan memilih seseorang karena segi materinya saja, tapi karena Allah SWT.

2. Wanita dinikahi karena keturunannya

Memilih wanita dari faktor keturunan adalah hal yang baik. Bahkan dianjurkan untuk memilih wanita yang subur agar memperoleh keturunan.

Dikutip dari hadist Rasulullah SAW:

Nikahilah wanita yang penyayang dan subur. Karena aku (Muhammad) berbangga dengan banyaknya umatku.” (HR. Abu Dawud)

3. Wanita dinikahi karena kecantikannya

Cantik adalah anugerah yang perlu disyukuri. Berjodoh dengan wanita berparas cantik pun suatu anugerah tersendiri bagi seorang pria. Akan tetapi, sebagai umat bergama tidak boleh menitikberatkan pada hal ini secara berlebihan. Cukuplah karena Allah SWT agar mendapat ridho-Nya.

4. Wanita dinikahi karena agamanya

Cara memilih wanita yang baik untuk dinikahi menurut Islam adalah pada sesi ini, yaitu menikahi wanita karena agamanya sebagaimana hadits Rasulullah SAW di atas.

Akan tetapi, sebagai makhluk sosial, jangan terlalu memperdebatkan hal ini karena niat itu ada dalam hati masing-masing, dan hanya Allah dan orang tersebut sajalah yang tau.

Namun, sebagai umat beragam perlu mempertimbangkan 4 cara memilih wanita yang baik untuk dinikahi menurut Islam, yakni memilih wanita karena agamanya agar beruntung.***

 

Facebook Comments