cara dafar kartu prakerja republik Indonesia

KipasDuit.Com. Hai Sobat Kipas Duit, jika Anda adalah seorang pencari kerja, lulusan SMA / SMK tidak sedang kuliah, tidak memiliki keterampilan, karyawan PHK pandemi covid-19, buruh, dan bagi Anda yang butuh penambahan atau peningkatan kompetensi maka tulisan ini cocok untuk Anda. Ikuti langkah berikut tentang cara daftar kartu prakerja yang dibuka mulai hari ini (Sabtu) tanggal 11 April 2020 oleh Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia yang beralamat dijalan Lapangan Banteng Timur Nomor 2-4 Jakarta Pusat 10710, dengan kontak email [email protected]. Kartu prakerja adalah sebuah kartu yang disediakan oleh Pemerintah untuk masyarakat umum guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia agar lebih terampil melalui program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia.

Program kartu prakerja difokuskan kepada mereka yang berusia minimal 18 tahun. Sasaran kartu prakerja ini adalah mereka yang sedang mencari pekerjaan, baru lulus sekolah, karyawan kena PHK karena pandemi coronavirus, kaum buruh, dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan skill / keterampilan.

Kartu prakerja adalah kartu yang dipromosikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo / Jokowi pada saat kampanye pemilihan umum Presiden tahun 2019 bersamaan dengan program kartu sembako murah dan kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah. Itu adalah janji Presiden RI Joko Widodo untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Program kartu prakerja ini merupakan implemetasi dari INPRES / Instruksi Presiden No. 4 tahun 2020 tentang refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa untuk percepatan penanganan covid-19 (coronavirus disease 2019).

Cara Daftar Kartu Prakerja yang Dibuka Hari Ini Tanggal 11 April 2020 oleh Pemerintah - prakerja.go.id, cara daftar kartu prakerja

Bagi Anda yang terdaftar pada kartu prakerja akan menerima bantuan senilai Rp 3.550.000,- (tiga juta lima ratus lima puluh ribu rupiah) per peserta terdaftar. Adapun rinciannya adalah Rp 1.000.000,- untuk biaya pelatihan sesuai dengan kriteria pelatihan masing-masing peserta, Rp 600.000 x 4 bulan sebagai insentif pasca pelatihan, dan Rp 50.000 x 3 survey (total Rp 150.000) sebagai biaya insentif survey keberkerjaan peserta kartu prakerja. Sehingga totalnya adalah Rp 1.000.000 + (Rp 600.000 x 4) + (Rp 50.000 x 3) = Rp 3.550.000,- per peserta terdaftar. Setelah pandemi coronavirus selesai, maka manfaat yang diterima akan kembali ke besaran Rp 650.000 per orang yang terdiri dari Rp 500.000,- uang pelatihan dan Rp 150.000,- merupakan uang survei kebekerjaan.

HOT NEWS:   2 CARA BERHENTI DONASI UNICEF INDONESIA RESMI OTENTIK

Cara Daftar Kartu Prakerja yang Dibuka Hari Ini Tanggal 11 April 2020 oleh Pemerintah - prakerja.go.id, cara daftar kartu prakerja

Presiden RI dalam konferensi pers via online pada 31 Maret 2020 berkata, “Anggaran kartu prakerja untuk rakyat Indonesia adalah sebesar Rp 20 Triliun yang awalnya hanya Rp 10 Triliun sehingga jumlah penerima manfaat dari adanya program kartu prakerja berkisar di angka 5,6 juta orang”.

Jadi, bagi Anda yang berminat untuk menjadi peserta program kartu prakerja, silahkan ikuti langkah atau cara mendaftar menjadi anggota kartu prakerja di bawah ini. Namun, sebelum Anda mendaftar perlu mengetahui atas copyan yang KipasDuit.Com ambil dari situs resmi kartu prakerja tentang syarat dan ketentuan yang wajib Anda ketahui dan pahami. Ini kami tulis terpisah agar tidak terlalu panjang artikel ini. Klik / pencet TULISAN INI.

3 CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA

1. Buat Akun Prakerja

  • Masuk ke situs www.prakerja.go.id dan pilih menu Daftar Sekarang atau langsung ke dashboard registrasi ke https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  • Masukkan nama lengkap, alamat email dan kata sandi baru
  • Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email
  • Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Kartu Prakerja

2. Isi Data Diri

  • Masuk ke akun dengan alamat email dna kata sandi kamu
  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”
  • Isi data diri kamu dengan lengkap (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

3. Ikuti Tes

  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu
  • Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes
  • Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran. Selamat, sekarang kamu sudah memiliki akun Kartu Prakerja.
HOT NEWS:   Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja Republik Indonesia

Silahkan Anda bagikan artikel ini agar semua mendapat manfaatnya dan terdaftar sebagai peserta kartu prakerja demi masa depan lebih gemilang.

Facebook Comments

Written by

Ediwasa

Saya Edi. Pemilik sah situs ini. Selain sebagai pemilik situs juga berperan sebagai administrator pada situs ini. Banyak kegemaran saya. Salah satunya adalah dunia web / blog. Bahkan saya juga menerima jasa pembuatan web / blog dan toko online.