TANTANGAN LOWONGAN KERJA AKUNTANSI INDONESIA DI ERA KREATIF
Pekerja akuntan dalam ruang meeting / Istimewa / Foto: KipasDuit/Ediwasa

TANTANGAN LOWONGAN KERJA AKUNTANSI INDONESIA DI ERA KREATIF

LOWONGAN KERJA AKUNTANSI

Tantangan lowongan kerja akuntansi Indoesia di era kreatif. Tema atau judul ini diangkat karena tragisnya keberadaan akuntan Indonesia yang makin hari makin tersingkirkan.

Sebelum kita membahas mengapa mereka dikatakan tersingkir, kita lihat dulu jauh ke belakang sebelum adanya perkembangan teknologi terlebih berbasis internet.

Para pencari kerja harus keliling kota untuk mendapatkan informasi pekerjaan. Tak cukup sehari langsung dapat. Jadi, harus keliling lagi untuk mendapatkan pekerjaan.

Begitu mendapat informasi suatu lowongan pekerjaan yang diharapkan yakni lowongan kerja pembukuan keuangan, rupanya belum tentu diterima sebagai karyawan.

Ini bisa jadi dikarenakan kualifikasi yang diinginkan perusahaan tidak terpenuhi atau bahkan karena kalah bersaing dengan para pelamar kerja lainnya.

HOT NEWS:   Cara Praktis Tingkatkan Pendapatan YouTube dengan Tools SEO Gratis, Bersiaplah Jadi Jutawan

Pada era itu, cara efektif untuk mendapatkan informasi adalah mencari media berita, yakni koran. Koran pun yang ada lowongan biasanya koran terbitan hari Sabtu dan Minggu tiap minggunya.

Terbayang kan betapa rumitnya saat itu. Kini dengan sebuah rintisan terbaru handphone canggih, semua dapat dilakukan dengan mudah.

Terkait dengan lowongan kerja akuntansi dengan kemajuan teknologi adalah ketika berbenturan dengan kondisi serba mudah dan canggih yakni berbasis internet.

Cari kerja tinggal pencet HP, cari makan tekan HP, butuh tiket dan penginapan tinggal pesan via HP. Begitupun dengan piranti yang dapat memudahkan kerja dan kinerja perusahaan.

Dahulu, accounting dilakukan manual oleh seorang karyawan di bidangnya. Di masa kini, pengerjaannya menggunakan sebuah software canggih.

Di masa lampau pun ada yang menggunakan software hanya saja masih terbatas dan perusahaan-perusahaan tertentu saja.

HOT NEWS:   7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Mudah dan Praktis Tanpa Modal Besar

Bahkan, ada pula pembukuan dari pencatatan transaksi hingga jurnal dilakukan dengan manual. Sungguh memakan waktu. Belum lagi jika tidak balance. Banyak yang harus dikoreksi dan direvisi.

Kalau kini, hampir semua perusahaan menggunakan software, baik berbasis offline maupun online. Sehingga pembukuan dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis.

ERA INDONESIA KREATIF

Di era Indonesia kreatif, selaku akuntan harus meningkatkan kualitas dirinya dengan penguasaan teknologi agar dapat bertahan dan dipertahankan di suatu perusahaan.

Meskipun, perusahaan biasanya juga memberikan kesempatan untuk karyawannya meningkatkan kualitas dirinya dengan diberikannya training.

Era yang makin modern, masih banyak orang yang memahami teknologi, khususnya komputer. Tak hanya itu, penggunaan ponsel pintar pun masih banyak yang  tak menguasainya dengan baik.

HOT NEWS:   KISAH SERUNYA HIDUP DI ERA DIGITAL BAGI JOMBLO SEJATI

TANTANGAN AKUNTAN ERA DIGITAL BERBASIS INTERNET

Tantangan akuntan era digital yang serba otomatis hingga berbasis internet adalah penguasaan teknologi. Akan tetapi, meski demikian masih banyak perusahaan yang tetap menggunakan jasa akuntan untuk pengerjaan keuangan secara manual.

Jika seorang akuntan tidak segera beradaptasi dengan kemajuan zaman bakal tersingkirkan. Sementara, dari tahun ke tahun tiap universitas mencetak sarjana berketerampilan akuntansi, ekonomi, dan management, serta perbankan.

Lowongan kerja akuntansi akan tetap ada. Untuk input transaksi secara digital juga diperlukan jurusan akuntansi dan administrasi. Meski pun bagian input transaksi bisa dilakukan oleh berbagai jurusan akademik.

Pada intinya, lowongan kerja akuntansi akan selalu ada. Sedangkan perkembangan teknologi hanya sebatas piranti untuk mempermudah pekerjaan manusia.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *